Klaten-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melakukan Survey Kepuasan Masyarakat dan Persepsi Korupsi. Sebagai tidak lanjut PMP ZI/RB (Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi dalam survey mandiri kepuasan masyarakat tentang layanan publik sebagai ukuran untuk menilai kualitas layanan kepada masyarakat dalam bentuk survey kepuasan masyarakat.
Hal tersebut disampaikan Kakankemenag Anif Solikhin dalam pembinaan apel pagi di hadapan seluruh ASN Kemenag dan pengawas, Senin (7/12).
Reformasi birokrasi khususnya yang ada di lingkungan Kemenag Klaten telah dilaksanakan, tapi belum optimal. Seperti survey kepuasan masyarakat tentang layanan masyarakat di Kemenag harus dilaksanakan, katanya.
“Survey ke masyarakat dan mempunyai nilai yang sangat tinggi dalam penilaian reformasi birokrasi, point penguatan kualitas pelayanan publik sangat tinggi, mau tidak mau survey harus dilaksanakan,” tandas Anif.
Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai ukuran untuk menilai kualitas layanan kepada masyarakat dan mengetahui nilai persepsi korupsi.
Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim survey yang telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, dari keseluruhan layanan yang ada di Kemenag Klaten, yang disurvey adalah layanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, pendaftaran haji, pelayanan pendidikan, pelayanan nikah dan pelayanan ukur arah kiblat, terang Anif.
Responden dipilih secara acak berjumlah 402 yang terbagi dengan pelayanan nikah sebanyak 67 sampel, arah kiblat 28 sampel, haji 64 sampel dan sisanya di pendidikan, baik pendidikan agama Islam, Pontren, Kristen, Katolik dan Hindu, periode 13-20 Oktober 2020.
Survei IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas publik selanjutnya, tegasnya.
Hasil dari survey mandiri kepuasan masyarakat tentang layanan publik, adapun nilai Indeks Persepsi Korupsi (IPK) sebesar 3,354 (baik) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 81,47 (baik), jelasnya.
“Terkait dengan hasil tersebut, Anif berpesan kepada seluruh ASN dilingkungan Kemenag Klaten untuk lebih ditingkatkan lagi dan bekerja lebih baik dalam memberikan pelayanan prima yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, imbuh Anif.”(fu_aj)