Klaten-Dalam rangka upaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten menggelar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Layanan Kantor Urusan Agama (KUA) di Aula RM Bu Mayar Klaten, dengan protokol kesehatan, pada Kamis (25/6).
Kasubbag TU Kemenag Klaten Sudarsana, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan motivasi kepada Kepala KUA, Penghulu dan pengelola keuangan untuk memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam urusan nikah, rujuk dan pelayanan lainnya seperti pelayanan kemasjidan, atau wakaf dan zakat, demikian juga pembinaan Manasik Haji sudah termasuk tugas dan fungsi KUA.
Ia berharap, semoga dengan bimtek ini, bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan lebih proaktif didalam memberikan pencerahan dan sosialisasi kepada di masyarakat terkait pademi Covid 19 ini, ungkapnya
Sementara itu Kakankemenag Klaten Anif Solikhin menyampaikan, di tengah pandemi ini protokol kesehatan mutlak harus dilaksanakan, ini untuk menjaga keselamatan ASN, catin dan lainnya agar tidak terpapar Covid 19,” tandas Anif.
“SE Dirjen Bimas Islam Nomor : P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid, harus benar-benar menjadi pedoman untuk dilaksanakan,” katanya.
Lebih lanjut, kata Kakankemenag, KUA merupakan sentral layanan keagamaan masyarakat di tingkat kecamatan. Beragam jenis layanan keagamaan seperti pernikah, keluarga sakinah, pembinaan masyarakat, manasik haji, kerukunan umat beragama terpusat di bawah pengelolaan KUA. Untuk itu, KUA harus terus berbenah untuk meningkatkan mutu dan pelayanan.
Pelayanan berbasis IT yang diberikan KUA kecamatan merupakan salah satu bentuk pelayanan modern yang diberikan Kemenag kepada masyarakat. yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan serta digitalisasi data peristiwa nikah, seperti Aplikasi Simkah (Sistem Informasi Manajemen Nikah), ungkap Anif.
“Tetap terus berinovasi, pelayanan di KUA semakin ditingkatkan, pencapaian tersebut diwujudkan dengan memberikan pelayanan serta kemudahan bagi masyarakat dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.(ab_aj)