KLATEN (humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten menggelar Pelatihan Pelayanan Prima, Jum’at (07/2/2025). Bertempat di Aula PLHUT Kankemenag Klaten, Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BRI Kantor Cabang Klaten Dan Bank Muamalat dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta menanamkan nilai-nilai pelayanan prima kepada ASN di Lingkungan Kankemenag Klaten.
Acara di buka secara langsung oleh Kakankemenag Klaten, Anif Solikhin, dalam sambutannya menegaskan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan kualitas pelayanan di lingkungan Kankemenag Klaten. “Pelatihan ini menjadi upaya konkret kami untuk meningkatkan profesionalisme ASN, terutama dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan yang lebih baik dan merasa puas,” ujarnya.
Dalam kesempatan ini Kakankemenag memaparkan core values atau nilai-nilai dasar yang harus dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu “BerAKHLAK”. Beliau menjelaskan BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Adanya Core Values ASN ini sebagai nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. Sedangkan #banggamelayanibangsa merupakan Employer Branding ASN jaman now yang melayani sepenuh hati.
Core Values ASN menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, tegasnya.
Supervisor Operasional & Layanan BRI Kantor Cabang Klaten, Ida Nuryani, SH, yang hadir sebagai narasumber memberikan pandangan mendalam mengenai prinsip-prinsip dasar dalam pelayanan profesional dan ramah. “Pelayanan prima dimulai dari komunikasi yang baik, sikap empati, serta tanggung jawab dalam setiap interaksi dengan masyarakat. Hal ini menjadi kunci utama dalam membangun kepercayaan dan kepuasan pengguna layanan,” ungkap Ida.
Dalam kesempatan ini juga dari Bank BRI melakukan “permainan Peran / roleplay” dalam memberikan pelayanan.
Materi dalam pelatihan ini diperkaya dengan penjelasan dari Branch Manager Bank Muamalat, Choirul Anwar, SE, yang memaparkan strategi komunikasi efektif untuk memberikan pelayanan “excellent”. Beliau juga berbagi pengalaman tentang pentingnya menjaga kualitas pelayanan serta sikap profesional dalam berinteraksi dengan pengguna layanan.
Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi peningkatan kualitas pelayanan di Kankemenag Kabupaten Klaten. Dengan pembekalan ini, seluruh ASN diharapkan mampu mengimplementasikan nilai-nilai pelayanan prima dalam setiap tugas, menciptakan suasana pelayanan yang ramah, profesional, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. (sm)
Kankemenag Klaten Komitmen Perkuat Peran Forum Kerukunan Umat Beragama
KLATEN --- Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kakankemenag ) Kabupaten Klaten Anif Solikhin mengatakan komitmennya untuk memperkuat peran dan fungsi...
Selanjutnya