Kementerian Agama Kabupaten Klaten
  • Beranda
  • Profil

    PROFIL

    Visi dan Misi

    Berisi Informasi Tentang Visi dan Misi

    Makna Logo 

    Berisi tentang Makna Logo

    Tugas dan Fungsi 

    Berisi tentang Tugas dan Fungsi

    Sejarah 

    Berisi tentang Sejarah

    Struktur Organisasi 

    Berisi tentang Struktur Organisasi

    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Makna Logo
    • Struktur Organisasi
    • Kedudukan, Tugas dan Fungsi
  • Aplikasi Online
  • Kontak
  • PPID

    PPID

    SK PPID 

    Berisi Informasi Tentang SK PPID

    SK PPID 

    Berisi tentang Informasi Berkala

    Tempat Pelayanan Informasi 

    Berisi tentang Tempat Pelayanan Informasi

    • SK PPID
    • Informasi Berkala
    • Tempat Pelayanan Informasi
  • Layanan Publik

    LAYANAN PUBLIK

    Maklumat Layanan

    Berisi Informasi Tentang Maklumat Layanan

    Standar Pelayanan

    Berisi Informasi Tentang Standar Pelayanan

    Pengaduan Masyarakat

    Berisi Informasi Tentang Pengaduan Masyarakat

    SP4N LAPOR

    Berisi Informasi Tentang SP4N LAPOR

    Survey Layanan Masyarakat

    Berisi Informasi Tentang Survey Layanan Masyarakat

    Unit Pengendalian Gratifikasi

    Berisi Informasi Tentang UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi)

    WBS (Whistleblowing System)

    Berisi Informasi Tentang Whistleblowing System

    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Pelayanan
    • Pengaduan Masyarakat
    • SP4N LAPOR
    • Survey Layanan Masyarakat
    • UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi)
    • WBS
  • Unit Kerja

    UNIT KERJA

    Data Madrasah MIN

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah MIN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah MTsN

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah MTsN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah MAN

    Berisi Informasi Tentang Sebaran Madrasah MAN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Kantor Urusan Agama

    Berisi Informasi Tentang Data Kantor Urusan Agama Kabupaten Klaten Tahun 2024

    • Madrasah
      • MIN
      • MTsN
      • MAN
    • KUA
  • ZI
  • Data

    DATA

    Jumlah Rumah Ibadah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Jumlah Rumah Ibadah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Masjid Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Masjid Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Mushola Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Mushola Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Rumah Ibadah/Gereja Kristen Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Rumah Ibadah/Gereja Kristen Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Pura Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Pura Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data RA dan Madrasah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Sebaran RA dan Madrasah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Pondok Pesantren Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Pondok Pesantren Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah Diniyah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah Diniyah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data LPQ Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang LPQ Kabupaten Klaten Tahun 2024

    HAJI

    Berisi Informasi Tentang Haji

    • Jumlah Rumah Ibadah Kabupaten Klaten Tahun 2024
    • Data Masjid Kabupaten Klaten 2024
    • DATA MUSHOLA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA RUMAH IBADAH/GEREJA KRISTEN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PURA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LEMBAGA RA, MI, MTs, MA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PONDOK PESANTREN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA MADIN (MADRASAH DINIYAH) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LPQ KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • Haji
  • Login
Kementerian Agama Kabupaten Klaten
  • Beranda
  • Profil

    PROFIL

    Visi dan Misi

    Berisi Informasi Tentang Visi dan Misi

    Makna Logo 

    Berisi tentang Makna Logo

    Tugas dan Fungsi 

    Berisi tentang Tugas dan Fungsi

    Sejarah 

    Berisi tentang Sejarah

    Struktur Organisasi 

    Berisi tentang Struktur Organisasi

    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Makna Logo
    • Struktur Organisasi
    • Kedudukan, Tugas dan Fungsi
  • Aplikasi Online
  • Kontak
  • PPID

    PPID

    SK PPID 

    Berisi Informasi Tentang SK PPID

    SK PPID 

    Berisi tentang Informasi Berkala

    Tempat Pelayanan Informasi 

    Berisi tentang Tempat Pelayanan Informasi

    • SK PPID
    • Informasi Berkala
    • Tempat Pelayanan Informasi
  • Layanan Publik

    LAYANAN PUBLIK

    Maklumat Layanan

    Berisi Informasi Tentang Maklumat Layanan

    Standar Pelayanan

    Berisi Informasi Tentang Standar Pelayanan

    Pengaduan Masyarakat

    Berisi Informasi Tentang Pengaduan Masyarakat

    SP4N LAPOR

    Berisi Informasi Tentang SP4N LAPOR

    Survey Layanan Masyarakat

    Berisi Informasi Tentang Survey Layanan Masyarakat

    Unit Pengendalian Gratifikasi

    Berisi Informasi Tentang UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi)

    WBS (Whistleblowing System)

    Berisi Informasi Tentang Whistleblowing System

    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Pelayanan
    • Pengaduan Masyarakat
    • SP4N LAPOR
    • Survey Layanan Masyarakat
    • UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi)
    • WBS
  • Unit Kerja

    UNIT KERJA

    Data Madrasah MIN

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah MIN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah MTsN

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah MTsN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah MAN

    Berisi Informasi Tentang Sebaran Madrasah MAN Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Kantor Urusan Agama

    Berisi Informasi Tentang Data Kantor Urusan Agama Kabupaten Klaten Tahun 2024

    • Madrasah
      • MIN
      • MTsN
      • MAN
    • KUA
  • ZI
  • Data

    DATA

    Jumlah Rumah Ibadah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Jumlah Rumah Ibadah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Masjid Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Masjid Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Mushola Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Mushola Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Rumah Ibadah/Gereja Kristen Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Rumah Ibadah/Gereja Kristen Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Pura Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Pura Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data RA dan Madrasah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Sebaran RA dan Madrasah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Pondok Pesantren Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Pondok Pesantren Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data Madrasah Diniyah Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang Data Madrasah Diniyah Kabupaten Klaten Tahun 2024

    Data LPQ Tahun 2024

    Berisi Informasi Tentang LPQ Kabupaten Klaten Tahun 2024

    HAJI

    Berisi Informasi Tentang Haji

    • Jumlah Rumah Ibadah Kabupaten Klaten Tahun 2024
    • Data Masjid Kabupaten Klaten 2024
    • DATA MUSHOLA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA RUMAH IBADAH/GEREJA KRISTEN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PURA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LEMBAGA RA, MI, MTs, MA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PONDOK PESANTREN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA MADIN (MADRASAH DINIYAH) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LPQ KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • Haji
No Result
View All Result
Kementerian Agama Kabupaten Klaten
No Result
View All Result
Home Berita

Gus Men Sampaikan Closing Statement Sukses Haji 2024, Ini Penjelasan Lengkapnya

by adminweb
Juli 25, 2024
in Berita, Penyelenggaraan Haji Dan Umrah
Reading Time: 5 mins read
A A
0
Gus Men Sampaikan Closing Statement Sukses Haji 2024, Ini Penjelasan Lengkapnya
3
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Alhamduillah, seluruh fase penyelenggaraan ibadah haji sudah berjalan dengan baik, mulai dari pemberangkatan, puncak haji, hingga pemulangan.

Dari 213.320 kuota, ada 213.275 jemaah haji reguler yang berangkat ke Arab Saudi dari 12 Mei – 11 Juni 2024. Hanya 45 kuota tidak terserap.

Puncak haji di Armuzna, 14 – 19 Juni 2024, juga lancar. Murur berjalan sukses hingga peristiwa 2023 di Muzdalifah tidak terulang.

Dari 21 Juni – 22 Juli 2024, ada 212.720 jemaah yang dipulangkan ke Tanah Air dalam 553 kloter. Hingga akhir operasional, ada 46 jemaah masih dirawat di Arab Saudi. Jemaah yang sakit tersebut akan terus dipantau oleh Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah. Selama perawatan, jemaah tidak dikenakan biaya.

Tidak berlebihan, jika disebut Haji 2024 sukses dan jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ada sejumlah indikator dan kita formulasikan dengan skema 4 – 3 – 5:
Empat Perdana di Haji 2024, Tiga Pengembangan Ekosistem Potensi Ekonomi Haji, dan Lima Inovasi Haji 2024.

Pertama, empat hal yang serba perdana pada Haji 2024 yakni:

  1. Pertama layanan fast track diterapkan pada tiga embarkasi. Selain Bandara Soetta, juga di Adi Soemarmo Solo dan Djuanda Surabaya. Mulai tahun ini, 127.073 jemaah haji Indonesia (lebih 50%) sudah merasakan kenyamanan layanan fast track.
  2. Pertama dalam kuota normal (dan ada kuota tambahan), layanan katering diberikan secara penuh selama jemaah berada di Makkah. Total 17.492.983 boks didistribuskan dan dinikmati oleh jemaah selama pra Armuzna dan pasca Armuzna. Ini belum termasuk lebih dari lima juta boks katering yang disiapkan di Madinah dan juga belum termasuk juga layanan konsumsi jemaah selama puncak haji di Armuzna.
  3. Pertama dalam sejarah, Indonesia mendapat kuota tambahan hingga 20.000 jemaah. Ini bagian dari upaya lobi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo kepada Raja Salman dan Pangeran Muhammad bin Salman.
  4. Pertama kebijakan Murur diterapkan secara terencana dan sistematis. Murur adalah skema pergerakan jemaah dari Arafah (usai Wukuf) menuju Muzdalifah (melintas tanpa turun), lalu menuju ke Mina. Ini sebagai ikhtiar agar kepadatan di Muzdalifah yang terjadi pada 2023 tidak terulang. Ada sekitar 51.899 jemaah yang terdaftar menjalani skema ini, meski dalam realisasinya lebih dari itu. Pada pukul 07.37 waktu Arab Saudi (WAS), seluruh jemaah haji di Muzdalifah sudah diberangkatkan ke Mina. Padahal, pada 2023 dengan jumlah jemaah lebih sedikit, proses mobilisasi jemaah berlangsung hingga pukul; 13.30 WAS.

Kedua, Tiga Pengembangan Ekosistem Potensi Ekonomi Haji

  1. kspor Bumbu Nusantara. Tahun 2023, baru 16 ton bumbu Nusantara yang diekspor untuk memenuhi kebutuhan dapur penyedia katering jemaah haji Indonesia. Tahun ini jumlahnya meningkat lebih dari 70 ton. Potensi ke depan masih terbuka lebar karena kebutuhannya mencapai 300 ton.
  2. Pengiriman daging dam petugas dan jemaah dalam bentuk kemasan daging olahan. Tahun ini, PPIH berhasil mengelola 6.755 kambing dam petugas dan jemaah haji. Dari jumlah itu, ada 2.000 daging kambing akan dikirim ke Indonesia dalam bentuk kemasan daging olahan. Dengan kemasan 0,5 kg, diperkirakan akan menjadi 15.000 pack. Sementara daging kambing Dam lainnya, didistribusikan melalui Jam’iyyah Khairiyah, lembaga sosial di Makkah. Ini menjadi bagian kontribusi penyelenggaraan haji dalam pencegahan stunting. Semoga di tahun mendatang jumlahnya bisa ditingkatkan.
  3. Tahun ini, Indonesia mulai mengggunakan makanan siap saji dalam layanan katering jemaah. Makanan itu didatangkan dari Indonesia. Total ada sekitar 1,7 juta boks yang tahun ini didistribusikan di Makkah dan saat puncak haji di Armuzna. Jumlahnya masih bisa ditingkatkan karena potensi kebutuhannya bisa mencapai 5 – 6 juta boks. Makanan siap saji ini memenuhi citarasa Nusantara.

Ketiga, Lima Inovasi Haji 2024

  1. Transformasi digital dalam rekrutmen petugas. Pendaftaran terbuka dan online, CAT untuk semua petugas termasuk tenaga pendukung PPIH di Arab Saudi dan mahasiswa Timur Tengah.
  2. Aplikasi Kawal Haji memberi ruang bagi jemaah dan keluarga jemaah, bahkan masyarakat umum, untuk menyampaikan keluhan dan aduan jika mengalami masalah. Hasilnya, beragam masalah lebih cepat teridentifikasi dan tertangani.
  3. Safari Wukuf Lansia Non Mandiri dan Disabilitas dengan persiapan yang lebih matang, baik dari aspek akomodasi, petugas, maupun layanan konsumsi. Total tahun ini ada 293 jemaah haji lansia non mandiri dan disabilitas yang terfasilitasi dan merasa bersyukur bisa tetap menjalankan wukuf di Arafah di tengah keterbatasan jemaah.
  4. Penggunaan IPS (International Patient Summary) atau riwayat kesehatan jemaah haji pada kartu jemaah haji. IPS berisikan resume kesehatan jemaah dari sisi demografi, alergi/intoleransi, pengobatan, penyakit, dan imunisasi/vaksinasi. Dengan informasi ini, layanan kesehatan di Arab Saudi dapat memberikan tindakan medis yang lebih tepat dan terukur.
  5. Penyederhanaan proses tunda/batal visa untuk optimalisasi penggunaan kuota haji. Jemaah yang sudah terbit visanya namun karena sesuatu hal batal/tunda, diinput oleh tim Kankemenag Kab/Kota ke Siskohat. Sehingga, Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag pusat dapat segera membatalkan dan mengajukan visa penggantinya. Pendekatan ini berhasil mengoptimalkan serapan kuota haji hingga tahun ini hanya tersisa 45 kuota.

Alhamdulillah, seluruh tahapan sudah selesai dan saya nyatakan operasional haji 1445 H/2024 M berakhir. Dalam waktu dekat, kita akan menggelar evaluasi sekaligus memulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1446 H/2025 M. Arab Saudi sudah mengumumkan bahwa kuota haji Indonesia tahun 2025 sebanyak 221.000. Pada awal September 2024, sudah akan dimulai pertemuan persiapan dan rapat dengan perusahaan penyedia layanan (paket, akomodasi, konsumsi).

Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo atas arahan dan dukungannya sehingga ibadah haji tahun berjalan sukses dan lancar.

Terima kasih saya sampaikan juga kepada jajaran Komisi VIII DPR yang terus memberikan saran dan masukan bagi perbaikan penyelenggaraan haji di masa mendatang

Terima kasih juga saya sampaikan kepada jajaran Kementerian/Lembaga terkait, serta TNI/Polri atas kerja sama dan kontribusinya dalam ikut menyukseskan penyelenggaraan haji 2024

Terima kasih disampaikan ke Pemerintah Arab Saudi atas kerja sama-nya yang sangat baik sehingga penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan lancar dan baik. Kita juga mengapresiasi atas beragam inovasi yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi.

Secara khusus, rasa terima kasih saya sampaikan kepada Petugas Haji Indonesia atas dedikasi dan ketulusannya dalam memberikan layanan kepada jemaah.

Terakhir, apresiasi saya sampaikan kepada seluruh jemaah haji Indonesia yang tertib sehingga penyelenggaraan ibadah haji berjalan lancar. Semoga semua jemaah memperoleh haji mabrur mabruroh. Saya berharap jemaah haji bisa memberi warna dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Kepada jemaah yang wafat, kita doakan semoga husnul khotimah dan keluarganya diberi ketabahan dan kesabaran.

Terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
👍👍👍
Barakalloh

ShareTweetSend
Previous Post

Organisasi Yang Baik Adalah Yang Bisa Melaksanakan Semua Yang Direncanakan — Anif Solikhin

Next Post

Upacara Penyerahan Piagam Penghargaan Lomba Penulisan Kisah Inspirasi Haji dan Testimoni Haji Tahun 2024

Artikel Terkait

Peringati Hari Bumi, Kankemenag Kabupaten Klaten Sukseskan Program Ekoteologi, Penanaman Sejuta Pohon Matoa
Berita

Peringati Hari Bumi, Kankemenag Kabupaten Klaten Sukseskan Program Ekoteologi, Penanaman Sejuta Pohon Matoa

by adminweb
22 Apr 2025
0

Klaten (humas) – Komitmen menjaga lingkungan dan memperkuat toleransi antarumat beragama diwujudkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten melalui aksi nyata....

Read more
Jamaah Calon Haji Antusias dan Semangat Mengikuti Praktek Manasik Haji

Jamaah Calon Haji Antusias dan Semangat Mengikuti Praktek Manasik Haji

16 Apr 2025
Bimbingan Manasik Haji Tahun 2025 Tingkat Kabupaten Klaten Hari Kedua

Bimbingan Manasik Haji Tahun 2025 Tingkat Kabupaten Klaten Hari Kedua

15 Apr 2025
Kakanwil Saiful Mujab: “Kita Harus Menyamakan Frekuensi, Visi dan Misi Sebagai ASN Kementerian Agama”

Kakanwil Saiful Mujab: “Kita Harus Menyamakan Frekuensi, Visi dan Misi Sebagai ASN Kementerian Agama”

14 Apr 2025
Manasik Haji Tahun 2025 Tingkat Kabupaten Klaten

Manasik Haji Tahun 2025 Tingkat Kabupaten Klaten

14 Apr 2025

REST AREA / POSKO MUDIK BERBASIS MASJID RAMAH JALUR PEMUDIK DI WILAYAH KLATEN

28 Mar 2025
Next Post
Upacara Penyerahan Piagam Penghargaan Lomba Penulisan Kisah Inspirasi Haji dan Testimoni Haji Tahun 2024

Upacara Penyerahan Piagam Penghargaan Lomba Penulisan Kisah Inspirasi Haji dan Testimoni Haji Tahun 2024

Moderasi Beragama Merupakan Cara Pandang Kita Dalam Beragama Secara Moderat

Moderasi Beragama Merupakan Cara Pandang Kita Dalam Beragama Secara Moderat

Sosialisasi Zakat Pegawai Negeri Sipil dan P3K Guru PAI pada Dinas Pendidikan

Sosialisasi Zakat Pegawai Negeri Sipil dan P3K Guru PAI pada Dinas Pendidikan

Lokasi  Kantor Kemenag Kabupaten Klaten

sprunki retake
Umpan Balik  Pelayanan

Pelayanan kami buka setiap hari Senin sampai Jumat kecuali hari libur.

Senin - Kamis: 07.30 - 16.00 WIB

Jumat: 07.30 - 16.30 WIB

Lokasi   Media Sosial
statistik   Statistik Pengunjung
Hari Ini : 4
Minggu Ini : 505
Bulan Ini : 505
Tahun Ini : 739

Copyright © 2025 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten. All Right Reserved

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Profil
    • Visi dan Misi
    • Sejarah
    • Makna Logo
    • Struktur Organisasi
    • Kedudukan, Tugas dan Fungsi
  • Aplikasi Online
  • Kontak
  • PPID
    • SK PPID
    • Informasi Berkala
    • Tempat Pelayanan Informasi
  • Layanan Publik
    • Maklumat Pelayanan
    • Standar Pelayanan
    • Pengaduan Masyarakat
    • SP4N LAPOR
    • Survey Layanan Masyarakat
    • UPG (Unit Pengendalian Gratifikasi)
    • WBS
  • Unit Kerja
    • Madrasah
      • MIN
      • MTsN
      • MAN
    • KUA
  • ZI
  • Data
    • Jumlah Rumah Ibadah Kabupaten Klaten Tahun 2024
    • Data Masjid Kabupaten Klaten 2024
    • DATA MUSHOLA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA RUMAH IBADAH/GEREJA KRISTEN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PURA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LEMBAGA RA, MI, MTs, MA KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA PONDOK PESANTREN KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA MADIN (MADRASAH DINIYAH) KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • DATA LPQ KABUPATEN KLATEN TAHUN 2024
    • Haji

No WA Layanan Haji : 0895404447777 © 2025 Kementerian Agama Kabupaten Klaten

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
Translate »
Situs web ini menggunakan cookie. Dengan terus menggunakan situs web ini, Anda memberikan persetujuan terhadap penggunaan cookie. Kunjungi Kebijakan Privasi dan Cookie kami.
Hubungi Kami SAPA SiCanTIK
Skip to content
Open toolbar Accessibility Tools

Accessibility Tools

  • Increase TextIncrease Text
  • Decrease TextDecrease Text
  • GrayscaleGrayscale
  • High ContrastHigh Contrast
  • Negative ContrastNegative Contrast
  • Light BackgroundLight Background
  • Links UnderlineLinks Underline
  • Readable FontReadable Font
  • Reset Reset
https://totokl71.com/ https://pisang-toto.com/ https://pisangtoto.us/ https://pendidikan-fisika.uinsgd.ac.id/page/ https://pisangbet.store/ https://pisangbet.cloud/ https://yourfoodcareer.com/ https://joborder.ish.co.id/lol/ https://ft.usri.ac.id/ http://semnas.radenfatah.ac.id/ https://www.wifeemade.com/ https://adirach.com/ https://heylink.me/totokudalari/ https://umart.um.ac.id/ https://cakrajb.um.ac.id/ http://absen.bbpomserang.com/ https://lptqkaltim.or.id/ https://ejurnal.unim.ac.id/ https://bisnisdigital.darmajaya.ac.id/ https://manumminen.com/ https://artandsignature.com/ https://gis-bpkad.blitarkota.com/