SELAMAT DATANG DI PORTAL WEBSITE KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KLATEN*** PELAYANAN KANTOR SENIN-KAMIS 07.30-16.00 WIB, JUMAT 07.30-16.30 WIB*** Biaya Nikah di KUA GRATIS dan Nikah di Luar KUA membayar Rp. 600.000, disetorkan ke BANK*** Daftar Tunggu Jemaah Calon Haji Kab. Klaten Sampai 30 Tahun*** 5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas,Profesional,Inovatif, Tanggungjawab dan Keteladanan *** ||

KeCanTOL KaMU, Komunikasi Kunci Berumah Tangga

2022-01-07 22:59:57

Klaten-KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Klaten gelar bimbingan perkawinan KeCanTOL KaMU (Kelas Calon Pengantin OnLine Karanganom  Mantab dan Unggul) angkatan X pada Jumat,(7/1) yang berlangsung mulai pukul 07.45-11.00 WIB, secara virtual melalui google meet.

Kepala KUA Karanganom Muslih, mengatakan KeCanTOL KaMU sudah berjalan sembilan  kali dan ini angkatan X di masa pandemi ini. Acara yang terjalin atas kerjasama antara Kantor Urusan Agama (KUA), Puskesmas, dan Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Karanganom ini diikuti oleh  27 pasang calon pengantin (catin).

“Tujuan acara ini memberi bekal kepada catin berbagai ilmu menuju aqad nikah hingga saat berada dalam mahligai rumah tangga agar menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Tujuan yang lain adalah sebagai salah satu upaya menurunkan angka perceraian, kematian ibu dan bayi serta menurunkan stunting,” tandas Muslih.

Host membuka acara pada pukul 07.45 dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh Kapolsek  Karanganom, Iptu Panut Haryono, SH.,M.M. Panut mengapresiasi adanya bimbingan perkawinan KeCanTOL KaMU yang memberi bekal ilmu pengetahuan tentang kerumahtanggaan yang kelak diimplementasikan dalam berumah tangga.

“Kunci dalam berumah tangga adalah komunikasi, kasus kekerasan dalam rumah rumah tangga masih terjadi. Pada tahun 2021 tercatat 21 kasus KDRT di Polres Klaten meningkat dari tahun 2020 yang berjumlah  19 kasus,” ungkap Panut.

Jangan sampai dalan kehidupan berumah tangga ada delik hukum antara anggota keluarga, komunikasi di antara kedua pihak akan menghangatkan suasana dan ketika ada masalah maka keduanya bisa membicarakan dengan baik tanpa perlu adanya kekerasan, harapnya.

Acara dilanjutkan penyampain materi tentang Etika Pernikahan dan Pembinaan Keluarga oleh Hj. Herita Nur Fatmawati, S.Ag.  (Penyuluh Fungsioanal KUA Karanganom), materi UU Perkawinan oleh Sdr. Indira Rahma Anisa, SH (Pendiri Taman Baca Widya Anatar Karanganom), materi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) oleh Ir. Istighfarin, M.M. (PKB Karanganom), dan Kesehatan Reproduksi catin oleh Pipit Sri Handayani,  SST.Bdn (Bikor Puskesmas Karanganom). 

Bimbingan perkawinan berjalan lancar hingga di penghujung acara  para peserta diwajibkan mengisi form daftar hadir dan mengerjakan post test secara online. Host menutup acara dan  berharap agar para peserta tidak berhenti di forum itu dan tetap semangat mencari ilmu tentang kerumahtanggan.(mh_aj)